Jelang Mudik, Pemesanan Rental Mobil di Gowa Menurun

Jelang Mudik, Pemesanan Rental Mobil di Gowa Menurun


SUNGGUMINASA - Menjelang Idul Fitri, penyewaan kendaraan dibeberapa perusahaan rental mobil di Gowa mengalami penurunan. Turunnya minat warga ini sudah dua terjadi dua tahun terakhir.

Seorang pengusaha rental mobil di Gowa, Muhammad Syarif Daeng Ngitung, mengatakan hingga H-7, baru 30 persen warga yang sudah memesan.

"Baru 30 persen yang pesan. Biasanya seminggu jelang lebaran pasti sudah banyak. Memang sudah dua tahu terakhir ini menurun, " kata Syarif pemilik Rara Rental di Jl. Mangka Daeng Bombong, Kecamatan Somba Opu, Gowa, Rabu (29/6/2016).

Menurut ketua komunitas Gowa Rental Mobil (GRM) ini, kondisi tersebut diduga karena banyak warga yang tidak punya uang. "Mungkin juga karena belum gajian pegawai, jadi sedikit yang datang pesan," katanya.

Di rental nya sendiri, Syarif menaruh harga hampir dua kali lipat dari hari biasanya. Dari Rp 400 ribu menjadi Rp 600 ribu per hari untuk satu unit kendaraan.

"Biasanya seminggu mereka pesan. Banyak yang pesan Innova dan Avanza. Tapi sekarang ada yang pesan cuman lima hari. Kalau segi kita taruh harga Rp 500 ribu per hari, ".

Penurunan pemesanan mobil rental juga dirasakan CV. Jasa Suadagar pun sama. Pengusaha rental yang berada di Jl. Tinggimae ini mengaku baru tiga paket pemesanan.

"Sepi memang. Biasa itu 10 hari sebelum lebaran sudah habis mobil dipesan. Ini masih ada yang belum keluar," kata Bendahara CV Jasa Saudagar, Nova.

Menurut Nova ini dikarenakan sudah banyak warga yang memiliki mobil sendiri.
Rental ini juga menyediakan paket lebaran. Untuk tiga hari hingga seminggu. Harganya mulai Rp 3 juta - Rp 5 juta untuk Innova. Sementara untuk Fortuner dari harga Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.(tribun-timur.com)


EmoticonEmoticon