Gadai Mobil Rental , Polsek Mamajang Amankan 3 Pelakunya

Gadai Mobil Rental , Polsek Mamajang Amankan 3 Pelakunya
Mobil Rental di Makassar

MAKASSAR – Modus penipuan menggadaikan mobil rental, seakan-akan adalah milik pelaku sendiri telah banyak menelan korban. Salah satu korbannya, Sarifah (46), yang mendatangi Mapolsek Mamajang Makassar, Kamis (17/11/2016).


Kedatangannya ke Mapolsek Mamajang untuk melaporkan penipuan yang dilakukan tersangka Nining, yang sudah mendekam di balik jeruji besi. Di hadapan polisi, korban ini mengaku dirinya ditipu oleh Nining, yang menjadi tahanan Polsek Mamajang untuk kasus penipuan dengan modus yang sama, menggadaikan mobil rental.

Korban menceritakan mobil rental jenis Avanza Veloz digadaikan oleh pelaku. Ia percaya begitu saja, karena pelaku menunjukkan bukti BPKB dan STNK kendaraan. Korban pun tanpa berpikir panjang, meminjamkan uang tunai Rp80 juta, yang dijanjikan pelaku akan dikembalikan dalam tempo 3 (tiga) bulan akan datang.

Namun setelah 3 bulan berlalu, pelaku belum juga nongol menepati janjinya mengembalikan uang pinjaman. Lain yang didiharapkan, ternyata lain juga datang. Bukannya pelaku yang datang ingin menebus pinjaman dengan menggadaikan mobil itu, tapi seorang yang mengaku pemilik mobil datang bersama polisi.

Tentu saja korban merasa malu. Ia pun baru menyadari jika telah ditipu oleh pelaku yang sudah ditahan di penjara Mapolsek Mamajang.

“Sayamemberikan uang pinjaman karena alasannya sangat membutuhkan Rp80 juta. Mobil yang akan digadaikan itu langsung saya pegang dengan surat BPKB dan STNK, ternyata setelah dperiksa teliti semua bukti kepemilikan kendaraan itu palsu,” paparnya.

Sementara itu, anak korban bernama Megawati (31) menambahkan, awal perkenalan ibunya dengan wanita pelaku penipuan yang mengaku dengan nama Nining. Pelaku mendatangi ibunya untuk meminjam uang Rp80 juta dengan jaminan menggadaikan mobil Avanza, yang ternyata adalah mobil yang dirental oleh pelaku.

“Pelaku itu datang sendiri mau meminjam uang. Dia kasih bukti surat mobil BPKB dan STNK, ternyata semuanya palsu. Ibu saya tertipu,” kesalnya.

Sebelumnya, ada juga korban lainnya pernah tertipu oleh pelaku Nining dengan modus yang sama. Ia juga didatangi oleh seorang wanita bernama Diana (40), dengan maksud hendak menggadaikan mobilnya senilai Rp20 juta.

Sementara itu Kanit Rekrim Polsek Mamajang AKP Aris Sumarsono mengatakan, pelapor Sarifah merupakan korban kedua dari pelaku yang telah diamankan. Dikatakannya, sudah terdapat 3 korban yang mengaku telah ditipu oleh Nining.

“Sudah ada tiga korbannya melapor. Mereka kena tipu saat pelaku melancarkan aksinya dengan modus rental mobil lalu, digadaikan. Kasus ini akan kami tindaklanjuti,” Aris.

AKP Aris menyebutkan, pihaknya sudah mengamankan 3 pelaku penipuan gadai mobil. Mereka diamankan aparat sejak 2 (dua) pekan lalu. Mereka yang diamankan bernama‎ Fitri, Risma dan satu orang pria bernama Lukman.

“Mereka kami amankan ketika melancarkan aksinya. Kala itu mereka mau menggelapkan kendaraan rental, lalu menggadaikannya. Namun aksinya kami gagalkan,” pungkasnya.

Aparat kepolisian masih terus mengembangkan kasus penipuan tersebut. Karena keterangan para tersangka menyebutkan sejumlah komplotannya ‎dan identitasnya telah dikantongi.

“Kami masih melakukan pengejaran terhadap komplotan yang lain yang identitasnya sudah kami kantongi,” ungkap Aris. (lintasterkini.com)


EmoticonEmoticon